TMMD Sengkuyung III 2024 Dibuka, Pertanda Pekerjaan Di Dua Desa Dimulai



TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung di wilayah kabupaten Pati kembali digulirkan di dua desa yakni desa Payak kecamatan Cluwak dan di desa Tluwuk kecamatan Wedarijaksa.
 
Pembukaan TMMD di desa Payak ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, S.T., M.T didampingi Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos beserta Forkopimda sebagai tanda dimulainya pekerjaan yang kurang lebihnya selama satu bulan.Rabu,(24/07/2024).

Apresiasi kepada Dandim 0718/Pati dan jajaran disampaikan oleh Pj Bupati Pati pada awal sambutannya. "TMMD merupakan wujud soliditas dan sinergitas kemanunggalan TNI, Pemda, Polri, masyarakat serta seluruh elemen terkait dalam rangka mendorong terwujudnya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah,"kata Henggar.

Pj Bupati Pati juga menyebut, melalui program TMMD berperan sebagai sarana strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan fisik dan nonfisik secara langsung dampak positifnya dirasakan masyarakat dan menguatkan nasionalisme serta semangat gotong-royong.

"Semoga seluruh rangkaian kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2024 dapat berjalan lancar dan seluruh target dapat tercapai secara optimal sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Pati."tandasnya.

Senada dengan Pj Bupati, Dandim 0718/Pati berharap pelaksanaan pekerjaan TMMD yang digelar di dua wilayah tersebut dapat berjalan lancar sesuai rencana.

"Harapannya, program TMMD ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat, dan lancar proses pekerjaan, karena sudah melalui perencanaan serta koordinasi yang baik oleh pihak-pihak terkait,"kata Dandim.

Di akhir kegiatan dilaksanakan penyerahan program rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dari Disperkim dan Baznas kabupaten Pati, penyerahan bantuan sosial untuk masjid oleh Kemenag, penanaman pohon, peninjauan pelayanan kesehatan, pelayanan KB dan bazar dari Primkop Kartika C 07 Pati, Bulog, Disdagperin, PG Pakis, PG Trangkil serta KSH dilanjutkan pengecoran jalan secara simbolis oleh Forkopimda di lokasi sasaran pokok betonisasi jalan di desa Payak.

Untuk diketahui, sasaran fisik yang akan dikerjakan bergotongroyong oleh TNI dan masyarakat adalah betonisasi jalan sepanjang 630 X 3 X 0,15 meter serta rehab rumah 3 unit di desa Payak. Sedangkan di desa Tluwuk sasaran betonisasi jalan sepanjang 497 X 3 X 0,15 meter serta bantuan rehab rumah tidak layak huni 3 unit.

Selain itu, TMMD Sengkuyung Tahap III juga mengagendakan serangkaian kegiatan nonfisik meliputi layanan kesehatan, penyuluhan, pelatihan keterampilan, serta pelayanan administrasi kependudukan yang diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi masyarakat, tetapi juga ketrampilan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(Pendim Pati)

About redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.